SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP NEGERI 35 MAKASSAR

Amiruddin D, Amiruddin D and Azis, Muhammad and Bado, Basri and Yahya, Muh. (2020) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP NEGERI 35 MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Pena, 12 (1). pp. 33-40.

[img] Text
SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mendeskripsikan unsur-unsur apa yang menjadi fokus supervisi akademik oleh Kepala SMP Negeri 35 Makassar, 2) Mendeskripsikan apa strategi kepala SMP Negeri 35 Makassar dalam melaksaanakan supervisi akademik. Metode dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, 46 guru, 3 tata usaha, dan 27 ketua kelas. Observasi dilakukan oleh untuk mengamati suasana pembelajaran di kelas dengan lembar observasi yang bersifat naratif deskriptif. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan dokumen hasil supervisi, notulen rapat dan dokumen pelaksanaan berbagai pelatihan internal sekolah. Hasil penelitian menunjukkan 1) unsur-unsur yang disupervisi kepala sekolah meliptuti upervisi administrasi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Supervisi administrasi pembelajaran dilakukan dengan pembimbingan, koreksi dan penilaian terhadap 14 komponen administrasi guru mapel dan 12 bagi guru BK, mayoritas guru memperoleh kategori Baik. Supervisi pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan Supervisi Kunjungan Kelas dengan tahapan diskusi pra kunjungan, penilaian kegiatan pembelajaran di kelas dengan 30 indikator bagi guru mata pelajaran dan 19 bagi guru BK, Supervisi Evaluasi Hasil Pebelajaran dilakukan dengan menilai proses pelaksanaan ulangan harian dengan 11 indikator, PTS dan PS 10 indikator, hasilnya mayoritas guru mendapat kategori Baik. 2) Strategi supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah meliputi teknik supervisi individu dan teknik supervisi kelompok. Teknik supervisi individu meliputi lima cara; supervisi kunjungan kelas kepada 46 guru, Observasi Kelas kepada 3 orang guru dan Kunjungan Antar Kelas kepada seorang guru, percakapan individu formal dan tidak formal, mengfasilitasi guru mengikuti pelatihan diluar sekolah. Teknik supervisi kelompok dilakukan melalui 3 cara yaitu rapat guru, mengaktifkan MGMP sekolah dan melaksanakan berbagai pelatihan dalam lingkungan sekolah. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Jun 2023 05:31
Last Modified: 16 Jun 2023 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30168

Actions (login required)

View Item View Item