Keberkanjutan Usaha dan Daya Saing UMKM Melalui Strategi Pemasaran: Studi Kasus pada Bisnis Kuliner

Azis, Muhammad and Hasan, Muhammad and Azis, Fajriani and Arisah, Nur (2021) Keberkanjutan Usaha dan Daya Saing UMKM Melalui Strategi Pemasaran: Studi Kasus pada Bisnis Kuliner. SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19”. pp. 1419-1432. ISSN ISBN: 978-623-387-014-6

[img] Text
Prosiding Keberkanjutan_Usaha_dan_Daya_Saing_UMKM.pdf

Download (371kB)

Abstract

UMKM di Kelurahan Malakaji telah menjadi bagian penting dari sistem perekonomian seperti warung bakso Zayyani Chipz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana keberlanjutan usaha dan daya saing UMKM. Penelitian ini dilakukan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Kelurahan Malakaji Kabupaten Gowa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keberlanjutan usaha dan daya saing UMKM di Kelurahan Malakaji yaitu UMKM lebih ditunjukkan untuk jadi pelaku ekonomi yang berdaya saing dengan menggunakan strategi pemasaran yang mencakup strategi harga, lokasi, promosi, dan pelayanan serta dengan penguatan kewirausahaan dan kenaikan produktivitas yang didukung dengan upaya kenaikan menyesuaikan diri terhadap kebutuhan pasar, pemanfaatan hasil inovasi serta pelaksanaan teknologi. Kata Kunci: Keberlanjutan Usaha, Daya Siang, UMKM

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:09
Last Modified: 16 Jun 2023 04:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30158

Actions (login required)

View Item View Item