Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama

Nuriati, Nuriati and Azis, Muhammad and Husain AS, Husain AS (2022) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4 (1). pp. 565-571. ISSN 2656-8071

[img] Text
Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Guru Sekolah Dasar.pdf

Download (479kB)

Abstract

Guru dengan tingkat kompetensi yang tinggi dituntut untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian bertujuan mendeskripsikan peran kepala sekolah dan kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tanaga guru SDN Lakkang dan SMPN 44 Makassar. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif meliputi pengumpulan data reduksi data dan pengajian data. Hasil penelitian menujukan 1) Peran kepala sekolah di SDN Lakkang dan SMPN 44 Kota Makassar dalam meningkatkan kinerja tenaga pengajar yakni sebagai manajerial, supervisor dan motivator namun belum dilaksanakan dengan baik. 2) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam menjalankan perannya yakni masih terdapat tenaga pengajar yang tidak melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik, sulitnya memenuhi waktu yang tepat atau menyesuaikan waktu antar kepala sekolah dan staf pengajar. Disimpulkan bahwa peran kepala sekolah sangat penting dalam meningkatkan kinerja tenaga pengajar tapi terdapat beberapa kendala yang dihadapi namun ada upayah yang dilakukan agar peningkatan kinerja tenaga pengajar dicapai. Kata Kunci: Kualitas Kepala Sekolah, Pemecah Masalah, Kinerja Tenaga Guru

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Jun 2023 04:05
Last Modified: 16 Jun 2023 04:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30156

Actions (login required)

View Item View Item