PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

HASTUTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN1.docx

Download (827kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (93kB)
[img] Text
8. NILAI HASIL TES BELAJAR SIKLUS I.docx

Download (28kB)
[img] Text
20. DOKUMENTASI.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUPp.docx

Download (43kB)

Abstract

Hastuti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I yaitu Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II yaitu Drs. Muhammad Faisal, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPS melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua II siklus. Setiap Siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus Penelitian yaitu 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) 2) Hasil Belajar IPS. Subjek penelitian yaitu satu guru dan 22 siswa. Teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik Pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kealas V SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jun 2023 05:51
Last Modified: 16 Jun 2023 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30140

Actions (login required)

View Item View Item