ARHAM, HAMRIN (2016) Pengaruh Penerapan E-learning Quipperschool.com dan Penggunaan Media Animasi dengan Setting Kooperatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (24kB) |
Abstract
ABSTRAK (dibimbing oleh Ruslan dan Muh. Darwis). Perubahan paradigma pembelajaran dari berbasis kepada guru menjadi berbasis kepada siswa menuntut kreatifitas guru dalam menentukan model pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa dalam berpikir dan bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu cara yang efektif untuk melibatkan aktivitas dan bekerja sama adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif. Disamping itu, guru pun harus dapat memfasilitasi siswa dalam mengakses sumber belajar baik secara online seperti portal pembelajaran berbasis internet quipperschool.com maupun offline seperi media animasi berbasis flash. Sehingga pertanyaan yang muncul dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana pengaruh penerapan e-learning quipperschool.com terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (ii) Bagaimana pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (iii) Bagaimana perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang menerapkan e-learning quipperschool.com dan menggunakan media animasi. Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui pengaruh penerapan e-learning quipperschool.com terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (ii) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (iii) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang menerapkan e-learning quipperschool.com dan menggunakan media animasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran yang menerapkan e-learning quipperschool.com maupun pembelajaran yang menggunakan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, walaupun peningkatan hasil belajar pada kedua kelompok eksperimen tidak mempunyai perbedaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 07:30 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 07:30 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3013 |
Actions (login required)
View Item |