Penerapan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Beru Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang

Hesti Aristiani Makkarai (2023) Penerapan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Beru Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang.

[img] Text
Halaman sampul dll hesti.docx

Download (1MB)
[img] Text
file skripsi asli terbaru hesti.docx

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana proses penerapan model pembelajaran example non example dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Beru Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran example non example dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Beru Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran example non example dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dan siklus II berada pada kategori baik. Hal ini sejalan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan ketuntasan belajar siklus I berada pada kategori tidak tuntas Sedangkan siklus II berada pada kategori tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Beru Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:22
Last Modified: 15 Jun 2023 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30111

Actions (login required)

View Item View Item