PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 4 KELAS IV SD NEGERI 26 MANGKACA KECAMATAN SEGERI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN

Kusudharsini PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 4 KELAS IV SD NEGERI 26 MANGKACA KECAMATAN SEGERI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN.

[img] Text
SKRIPSI-KUSUDHARSINI_1147040187.docx

Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa tema 4 pada siswa kelas IV SD Negeri 26 Mangkaca Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran peta pikiran dalam meningkatkan hasil belajar tema 4 pada siswa kelas IV SD Negeri 26 Mangkaca Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran peta pikiran dalam meningkatkan hasil belajar tema 4 pada siswa kelas IV SD Negeri 26 Mangkaca Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni penerapan model pembelajaran peta pikiran hasil belajar tema berbagai pekerjaan. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 26 Mangkaca Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 18 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yakni mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kategori baik (B) meningkat menjadi sangat baik (SB) pada siklus II. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat secara persentase menjadi kategori baik (B). Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada tema 4 dari kategori cukup (C) pada siklus I menjadi kategori baik (B) pada siklus II dan telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran peta pikiran dapat meningkatkan hasil belajar tema 4 pada siswa kelas IV SD Negeri 26 Mangkaca Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:01
Last Modified: 15 Jun 2023 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30107

Actions (login required)

View Item View Item