HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN NATURALIS DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SDN SE-KOMPLEKS IKIP KECAMATAN RAPPOCINI, KOTA MAKASSAR

Gita Candra Nurani (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN NATURALIS DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SDN SE-KOMPLEKS IKIP KECAMATAN RAPPOCINI, KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Gita Candra Nurani, 1447040031.docx

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang hubungan antara kecerdasan naturalis dengan sikap peduli lingkungan pada siswa SDN Se-Kompleks IKIP, Kec. Rappocini Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah gambaran kecerdasan naturalis siswa SDN Se-Kompleks IKIP, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar ?, (2) Bagaimanakah gambaran sikap peduli lingkungan siswa SDN Se-Kompleks IKIP, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar ?, (3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan naturalis dengan sikap peduli lingkungan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran kecerdasan naturalis siswa, (2) gambaran sikap peduli lingkungan siswa, (3) Hubungan antara kecerdasan naturalis dengan sikap peduli lingkungan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-postfacto yang berjenis korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 259 siswa yang terdiri dari kelas IV dan kelas V. Sampel dalam penelitian sebanyak 158 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala untuk mengukur variabel kecerdasan naturalis dan variabel sikap peduli lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson Product Moment. Kecerdasan naturalis siswa kelas IV dan V berada pada kategori tinggi, sedangkan sikap peduli lingkungan siswa kelas IV dan V berada pada kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan naturalis dengan sikap peduli lingkungan. Tingkat kekuatan hubungan berada pada kategori sedang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:31
Last Modified: 15 Jun 2023 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30098

Actions (login required)

View Item View Item