Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Inpres se-Kompleks BTN IKIP Kota Makassar

Nur Annisa Fitri (2023) Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Inpres se-Kompleks BTN IKIP Kota Makassar.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB I-LAMPIRAN.doc

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Inpres se-Kompleks BTN IKIP Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran minat baca, (2) Bagaimanakah gambaran penguasaan kosakata, (3) Bagaimanakah gambaran keterampilan menulis karangan deskripsi, (4) Apakah terdapat pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi. Tujuan penelititan ini yaitu untuk mengetahui: (1) gambaran minat baca, (2) gambaran penguasaan kosakata, (3) gambaran keterampilan menulis karangan deskripsi, dan (4) pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian berjumlah 86 orang, dengan teknik Slovin diperoleh sampel berjumlah 71 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket, tes objektif, dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat baca siswa termasuk dalam kategori sedang. (2) Penguasaan kosakata siswa termasuk dalam kategori sedang. (3) Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa termasuk dalam kategori sedang. (4) Terdapat pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi. Kesimpulan penelitian ini minat baca, penguasaan kosakata, dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa berada pada kategori sedang. Terdapat pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Inpres se-Kompleks BTN IKIP Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:11
Last Modified: 15 Jun 2023 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30094

Actions (login required)

View Item View Item