Inggried Kristanti (2023) . Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Audiotory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SDN Bara-Baraya II Kota Makassar.
Text
HALAMAN DEPAN SKRIPSI.doc Download (178kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB 1-5.doc Download (279kB) |
|
Text
LP 1 KISI-KISI.docx Download (32kB) |
|
Text
LP 2 SOAL POSTTEST.doc Download (147kB) |
|
Text
LP 2 SOAL PRETES.docx Download (105kB) |
|
Text
LP 3 KUNCI JAWABAN preetest posttest.doc Download (173kB) |
|
Text
LP 4 RPP EKSPERIMEN REVISI.doc Download (375kB) |
|
Text
LP 5 LKS.doc Download (65kB) |
|
Text
LP 6 REKAPITULASI NILAI REVISI.doc Download (127kB) |
|
Text
LP 7,8,9 HASIL UJI DEKSRIPTIF, NORMALITAS DAN HOMOGENITAS REVISI.doc Download (64kB) |
|
Text
LP 10 DATA HASIL pretest posttes.doc Download (5MB) |
|
Text
LP 11 DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (2MB) |
|
Text
LP 12-17 PERSURATAN.doc Download (3MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (5MB) |
Abstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Bara-Baraya II masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru (teacher centered) kurangnya memaksimalkan potensi siswa, tanpa memberikan peran aktif siswa dalam belajar dan karakteristik siswa dalam memahami materi pelajaran itu berbeda-beda. Berangkat dari permasalahan tersebut, dipilih model Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Visual, Audiotory, Kinethtetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN Bara-Baraya II Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual, Audiotory, Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN Bara-Baraya II Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekan kuantitatif dengan jenis penelitian Pree Eksperimental. Design penelitian menggunakan One Group Pretes Posttest Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 18 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data hasil pretest berada pada kategori sedang dan hasil posttest berada pada kategori tinggi setelah adanya pemberian treatmen pada kelas eskperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran visual, audiotory, kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN Bara-Baraya II Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 05:56 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 05:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30088 |
Actions (login required)
View Item |