. Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Audiotory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SDN Bara-Baraya II Kota Makassar

Inggried Kristanti (2023) . Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Audiotory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SDN Bara-Baraya II Kota Makassar.

[img] Text
HALAMAN DEPAN SKRIPSI.doc

Download (178kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1-5.doc

Download (279kB)
[img] Text
LP 1 KISI-KISI.docx

Download (32kB)
[img] Text
LP 2 SOAL POSTTEST.doc

Download (147kB)
[img] Text
LP 2 SOAL PRETES.docx

Download (105kB)
[img] Text
LP 3 KUNCI JAWABAN preetest posttest.doc

Download (173kB)
[img] Text
LP 4 RPP EKSPERIMEN REVISI.doc

Download (375kB)
[img] Text
LP 5 LKS.doc

Download (65kB)
[img] Text
LP 6 REKAPITULASI NILAI REVISI.doc

Download (127kB)
[img] Text
LP 7,8,9 HASIL UJI DEKSRIPTIF, NORMALITAS DAN HOMOGENITAS REVISI.doc

Download (64kB)
[img] Text
LP 10 DATA HASIL pretest posttes.doc

Download (5MB)
[img] Text
LP 11 DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
LP 12-17 PERSURATAN.doc

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Bara-Baraya II masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru (teacher centered) kurangnya memaksimalkan potensi siswa, tanpa memberikan peran aktif siswa dalam belajar dan karakteristik siswa dalam memahami materi pelajaran itu berbeda-beda. Berangkat dari permasalahan tersebut, dipilih model Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Visual, Audiotory, Kinethtetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN Bara-Baraya II Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual, Audiotory, Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN Bara-Baraya II Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekan kuantitatif dengan jenis penelitian Pree Eksperimental. Design penelitian menggunakan One Group Pretes Posttest Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 18 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data hasil pretest berada pada kategori sedang dan hasil posttest berada pada kategori tinggi setelah adanya pemberian treatmen pada kelas eskperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran visual, audiotory, kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN Bara-Baraya II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 05:56
Last Modified: 15 Jun 2023 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30088

Actions (login required)

View Item View Item