Mantasia, Mantasia and Hendra, Hendra Jaya (2016) MODEL PEMBELAJARAN KEBENCANAAN BERBASIS VIRTUAL SEBAGAI UPAYA MITIGASI DAN PROSES ADAPTASI TERHADAP BENCANA ALAM DI SMP. Paedagogia Jurnal Penelitian Pendidikan, 19 (1). pp. 1-14. ISSN 2549-6670
Text
Jurnal Nasional Terakreditasi 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
Peer Review Jurnal Nasional Terakreditasi 2.pdf Download (898kB) |
|
Text
Turniting Jurnal Nasional Terakreditasi 2.pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Model pembelajaran kebencanaan berbasis virtual sebagai upaya mitigasi bencana; (2) Desain pembelajaran kebencanaan berbasis virtual sebagai upaya mitigasi bencana; (3) Kinerja pembelajaran kebencanaan berbasis virtual sebagai upaya mitigasi bencana dan proses adaptif terhadap bencana alam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D. Pengembangan perangkat lunak berupa model pembelajaran kebencanaan berbasis virtual ini dilaksanakan dengan pendekatan engineering yang memiliki tahapan: analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian dapat dikemukakan: (1) Langkah-langkah sistematis pengembangan model pembelajaran kebencanaan berbasis virtual (MPKBV) diawali dengan studi pendahuluan berupa analisis kebutuhan; (2) Pada tahap desain, pengembangan materi, dan penulisan program menghasilkan produk prototipe awal yang divalidasi ahli media dan ahli materi, perbaikan dilakukan setelah ada masukan dari para ahli; dan (3) Tanggapan terhadap MPKBV pada aspek materi/isi diperoleh skor 4,4 (kategori baik), aspek virtual diperoleh skor 4,7 (kategori sangat baik), dan aspek pemrograman diperoleh skor 4,5 (kategori sangat baik). .Kata kunci: virtual, pembelajaran kebencanaan, mitigasi bencana
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Dr. Hendra Jaya MPd |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 12:59 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 12:59 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30079 |
Actions (login required)
View Item |