PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPECOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIK SISWA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Jumrianti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPECOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIK SISWA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul fix.docx

Download (111kB)
[img] Text
Surat Persetujuan TUTUP.docx

Download (83kB)
[img] Text
anti mau tutup.doc

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan menulis karangan narasi ekspositorik siswa di kelas V akibat kurangnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran khususnya dalam menerapkan model pembelajaran yang efektif sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC (Coperative Integrated Reading and Composition) terhadap keterampilan menulis karangan narasi ekspositorik siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. One Group Pretes Posttest Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 25 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan menggunakan paired sample t-test Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan system Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis karangan narasi ekspositorik siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran dapat dikategorikan efektif (baik), Keterampilan menulis siswa pada hasil posttest berada pada kategori baik, sedangkan keterampilan menulis karangan narasi siswa pada hasil analisis data hasil pretest kategori cukup.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC (Coperative Integrated Reading and Composition) terhadap keterampilan menulis karangan narasi ekspositorik. siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:23
Last Modified: 15 Jun 2023 02:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30050

Actions (login required)

View Item View Item