PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PENINGKATAN KRETIVITAS SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SDN MANGKURA II KOTA MAKASSAR.

NURUL UMAIDA (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PENINGKATAN KRETIVITAS SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SDN MANGKURA II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL DEPAN revisi.docx

Download (105kB)
[img] Text
nurul umaidah revisi.docx

Download (6MB)

Abstract

Nurul Umaida, 2018. Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Seni Budaya dan Keterampilan Kelas III SDN Mangkura II Kota Makassar. Dibimbing oleh: Dr. Rohana,M.Pd Selaku pembimbing I dan Khaerunnisa, S.Pd.I,MA Selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui gambaran penerapan CTL dalam kreativitas siswa kelas III dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan di SDN Mangkura II Kota Makassar. (2) untuk mengetahui gambaran hasil peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan. (3) untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa kelas III pada pembelajaran seni budaya dan keterampilan di SDN Mangkura II Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental dengan desain Intact group Comperision Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Mangkura II Kota Makassar dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas III sebanyak 16 orang/grup, teknik pengambilan sampel yaitu nonprobality sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas, dan Uji Hipotesis. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan SPSS diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan siswa kelas III SDN Mangkura II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:22
Last Modified: 15 Jun 2023 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30048

Actions (login required)

View Item View Item