PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED-HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

Kurniawan, Edi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED-HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL TESIS.docx

Download (479kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni (true eksperiment). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik dengan menggunakan model pembelajararan kooperatif tipe NHT, (2) menganalisis seberapa besar hasil belajar fisika peserta dengan menggunakan model pembelajararan konvensional,(3) menganalisis seberapa besar keterampilan sosial peserta didik dengan menggunakan model pembelajararan kooperatif tipe NHT, (4) menganalisis seberapa besar keterampilan sosial peserta didik dengan menggunakan model pembelajararan konvensional, (5) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional, (6) menganalisis perbedaan keterampilan sosial peserta didik antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan yang terdiri dari 4 kelas dengan total populasi 112 peserta didik. Pada penelitian ini digunakan dua kelas sebagai sampel dan sampel diambil dengan tekhnik pengacakan kelas dan terpilih kelas X-2 dengan jumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajara kooperatif tipe NHT dan kelas X-3 dengan jumlah 28 orang sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian yaitu (1) keterampilan sosial peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berada pada kategori sangat baik (2) Keterampilan sosial peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensioanl berada pada kategori baik (3) Hasil belajar fisika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berada pada kategori tinggi (4) Hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensioanl berada pada kategori tinggi. (5) Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan sosial antara peserta didik yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan peserta didik yang di ajar menggunakan model pembelajaran konvensional (6) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara peserta didik yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan peserta didik yang di ajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Numbered-Head-Together (NHT), Konvensional, Hasil belajar, Keterampilan Sosial

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:10
Last Modified: 09 Oct 2017 04:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2998

Actions (login required)

View Item View Item