PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOK PECAHAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

RIZKIA FARADILLA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOK PECAHAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul dan Lampiran depan.docx

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI RIZKIA FARADILLA.docx

Download (9MB)

Abstract

RIZKIA FARADILLA, 2018, Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Drs. Latri, S.Pd., M.Pd dan Dra. Hj. Syamsiah, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing II. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana gambaran penggunaan media Blok Pecahan pada mata peajaran Matematika, (2) bagaimana gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, (3) apakah terdapat pengaruh penggunaan media Blok Pecahan pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media Blok Pecahan pada mata pelajaran Matematika, untuk menggambarkan minat belajar pada mata pelajaran Matematika, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Blok Pecahan terhadap minat belajar pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Kompleks Lariang Bangi yang terdiri dari 3 sekolah yaitu SDN Lariang Bangi I, SDN Lariang Bangi II, dan SDN Lariang Bangi III. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan tekhnik simple random sampling yaitu siswa kelas III SDN Lariang Bangi II dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang, dan siswa kelas III SDN Lariang Bangi III dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket minat belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu anlisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan media Blok pecahan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media Blok pecahan. Kesimpulan dari penelitian ini yakni proses pembelajaran dengan menggunakan media Blok Pecahan berlangsung secara efektif. Selain itu, Penggunaan media Blok Pecahan memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:31
Last Modified: 14 Jun 2023 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29959

Actions (login required)

View Item View Item