PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDI BERTINGKAT LARIANG BANGI 1 KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

IRENIUS CHIANG KURUNG (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDI BERTINGKAT LARIANG BANGI 1 KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL sampai DAFTAR LAMPIRAN.doc

Download (873kB)
[img] Text
1 BAB I-III FIXdocx.docx

Download (102kB)
[img] Text
5 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.docx

Download (519kB)
[img] Text
6 LEMBAR OBSERVASI GURU.docx

Download (81kB)
[img] Text
7 LEMBAR OBSERVASI SISWA.docx

Download (83kB)
[img] Text
11 DOKUMENTASI.docx

Download (3MB)
[img] Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)

Abstract

IRENIUS CHIANG KURUNG, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDI Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd dan Drs. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDI Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Inidividualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDI Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDI Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Adapun fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) dan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas IV SDI Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar, dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) meningkatkan akitivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari proses mengajar guru dan proses belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup kemudian meningkat pada siklus II menjadi kategori baik, dan hasil belajar siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) secara maksimal berdampak pada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDI Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:28
Last Modified: 14 Jun 2023 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29936

Actions (login required)

View Item View Item