SUCI MUSFIRA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
.Sampul.docx Download (48kB) |
|
Text
.Setelah sampul - Copy.docx Download (110kB) |
|
Text
I - V.doc Download (519kB) |
|
Text
Lampiran 16.doc Download (14MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP - Copy.doc Download (48kB) |
Abstract
Suci Musfira, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ibu Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M. Si. dan Ibu Dra. St. Nursiah B, M. Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V? (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V?. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas V. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling sehingga didapatkan kelompok eksperimen adalah siswa kelas VB SD Negeri Gunung Sari I sedangkan yang menjadi kelas kontrol adalah siswa kelas VA SD Negeri Gunung Sari I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh p value nilai signifikansi (2-tailed) < taraf signifikansi α (0, 05). Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 03:15 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 03:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29930 |
Actions (login required)
View Item |