PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD INPRES BERTINGKAT LARIANG BANGI 1 KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

Nurfadilla Tangko (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD INPRES BERTINGKAT LARIANG BANGI 1 KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (67kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi 1 Kecamatan Makassar Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi 1 Kecamatan Makassar Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskipsikan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi 1 Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemun. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CIRC dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas V serta aktivitas mengajar guru. Pada siklus 1 aktivitas mengajar guru berada di kategori cukup dan menjadi kategori baik di akhir siklus II. Demikian pula pada aktivitas belajar siswa pada siklus 1 berada pada kategori cukup dan menjadi kategori baik di akhir siklus II. Kemampuan membaca pemahaman siswa dilihat dari hasil tes membaca pemahaman pada siklus 1 belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Dan pada sikus II kemampuan membaca pemahaman siswa dilihat dari hasil tes membaca pemahaman meningkat dengan kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi 1 Kecamatan Makassar Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:41
Last Modified: 14 Jun 2023 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29919

Actions (login required)

View Item View Item