PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES LANRAKI II KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

ISLAWATI BAHRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES LANRAKI II KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul asli.docx

Download (28kB)
[img] Image
PERSETUJUAN PEMBIMBING.jpg

Download (379kB)
[img] Text
Daftar isi.docx

Download (125kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (34kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (44kB)
[img] Text
bab 3.docx

Download (39kB)
[img] Text
Lampiran 26.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

IslawatiBahri.2018. Penerapan Model Pembelajaran KoperatifTipeThink Pair and Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Inpres Lanraki II kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Bapak Drs.LUTFI.B.M.Kes dan Ibu Dra. SITTI HABIBAH, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa IPS pada Kelas V SD Inpres Lanraki II kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa IPS melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa Kelas V SD Inpres Lanraki II kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Share (TPS) dan hasil belajar IPS siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil aktivitas guru pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori sangat kurang (SK) meningkat menjadi kategori cukup (C) dan pada siklus II dari baik (B) menjadi sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori sangat kurang (SK) meningkat menjadi kategori kurang (K) dan siklus II dari kategori baik (B) menjadi sangat baik (SB) dan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) atau tidak tuntas dan pada siklus II berada pada kategori sangat baiak (SB) atau tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan pembelajaran koperatif tipe Think pair Share dalam pembelajaran IPS pada meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Lanraki II kecamatan biringkanaya Kota Makassar dan peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan koperatiftipe Think Pair Share.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:28
Last Modified: 14 Jun 2023 02:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29916

Actions (login required)

View Item View Item