HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENGUATAN POSITIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

Hastuti (2023) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENGUATAN POSITIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (68kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (104kB)
[img] Text
Lampiran skripsi.docx

Download (24MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa saat mengikuti pelajaran. Selain itu saat proses pembelajaran berlangsung penguatan yang diberi oleh guru tersebut belum optimal baik secara verbal maupun nonverbal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah gambaran penguatan positif siswa? (2) Bagaimanakah gambaran minat belajar siswa? (3) Apakah ada hubungan antara pemberian penguatan positif dengan minat belajar siswa? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) gambaran penguatan positif terhadap proses pembelajaran siswa. (2) gambaran minat belajar siswa. (3) hubungan pemberian penguatan positif terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang terdapat pada SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar yang berjumlah 103 siswa. Sampel penelitian sebanyak 82 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis analisis korelasional menggunakan Uji Korelasi Product Moment Pearson. Sebelumnya, dilakukan uji normalitas dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov Normality Test dengan nilai Asymp Sig. (2-Tiled) sebesar 0,107 untuk data penguatan positif dan 0,102 untuk data minat belajar siswa dan dilakukan uji linearitas dengan nilai Sig.Lineariry sebesar 0,000 dan nilai Sig.deviationfromlinearity sebesar 0,083. Berdasarkan hasil penelitian angket penguatan positif berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata (mean) 22,08 dan hasil penelitian angket minat belajar berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata (mean) 26,20. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian penguatan positif dengan minat belajar siswa SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar dengan koefisien korelasi 0,000 dan signifikansi koefisien korelasi sebesar 0,845 yang berada pada kategori kuat. Disarankan sebaiknya penguatan tetap diberikan kepada siswa agar minat belajar siswa bisa tercapai secara maksimal. Selain itu, penguatan harus tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi siswa, agar penguatan menjadi efektif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:19
Last Modified: 14 Jun 2023 02:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29915

Actions (login required)

View Item View Item