PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Supriadi (2023) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SUPRIADI 13741006.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran guru dan siswa melalui penerapan Model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization dan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian experimen yang terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun fokus penelitian ini adalah pengaruh model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa 22 orang dan guru mata pelajaran Matematika. Data yang telah terkumpul melalui tes yang dilakukan pada awal dan akhir pertemuan, diantaranya yaitu: (1) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TAI pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar berlangsung dengan baik dan memberikan pengaruh positif terhadap keaktifan siswa, (2) Hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Makassar mengalami peningkatan pada mata pelajaran matematika. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya Model Cooperative Learning Tipe TAI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:19
Last Modified: 14 Jun 2023 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29891

Actions (login required)

View Item View Item