PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LARIANG BANGI II KOTA MAKASSAR

Syamsul Bahri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LARIANG BANGI II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SYAMSUL BAHRI (NIM 1347440036)(4).pdf

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran IPA di kelas V yang berlangsung, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan siswa kurang motivasi dan minat, kurangnya interaksi sehingga hasil belajar mata pelajaran IPA rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah gambaran pelaksanaan model pembelajaran Mind Mapping, gambaran hasil penerapan model pembelajaran Mind Mapping. dan apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN Lariang Bangi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah One Group Pretest�Posttest Design. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lariang Bangi II Kecamatan Makassar Kota Makassar dan sampel dari penelitian ini yaitu 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berlangsung siswa lebih aktif, efektif, dan keefektifan tersebut dibuktikan adanya peningkatan proses pembelajaran setiap pertemuan. ada pengaruh yang signifikan, penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA. Kesimpulan penelitian ini yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berlangsung secara efektif dan terdapat pengaruh yang signifikan dengan kategori cukup

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:15
Last Modified: 14 Jun 2023 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29889

Actions (login required)

View Item View Item