PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BONTORAMBA KOTA MAKASSAR

Wivi S. M. Samma (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BONTORAMBA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ANDI ZULKARNAIN EKA PUTRA.pdf

Download (27MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah hasil belajar IPS siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay di kelas IV SD Negeri Bontoramba Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Course Review Horay dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Bontoramba Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Course Review Horay dan peningkatan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Bontoramba Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Course Review Horay meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar IPS siswa dari siklus I tidak tuntas secara klasikal yang berada pada kategori cukup ke siklus II tuntas secara klasikal yang berada dikategori baik. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Bontoramba Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:41
Last Modified: 13 Jun 2023 07:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29883

Actions (login required)

View Item View Item