PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV SD INPRES JE’NETALLASA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Wivi S. M. Samma (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV SD INPRES JE’NETALLASA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Sampul 1dan 2.docx

Download (46kB)
[img] Text
Surat Persetujuan Pembimbing dll.docx

Download (552kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (38kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (60kB)
[img] Text
Bab III.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimanakah gambaran model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas IV; (2) bagaimanakah hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV sebelum dan sesudah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH); (3) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV. Penelitian ini bertujuan (1) untuk gambaran model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas IV; (2) untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV sebelum dan sesudah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH); (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kognitif siswa. Jumlah populasi yaitu 60 siswa. Sampel penelitian dipilih secara random sampling dengan memilih kelas IVA dan kelas IVB sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dikumpulkan dari dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan sistem Statistical Pachage for Sosial Science (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar kognitif IPS Kelas IV SD Inpres Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:37
Last Modified: 13 Jun 2023 07:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29882

Actions (login required)

View Item View Item