PENGARUH INTERAKSI ANTARAGAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUNUNG SARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

FIRA FACHRANI (2023) PENGARUH INTERAKSI ANTARAGAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUNUNG SARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Pernyataan Skripsi dll.docx

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab I, II, III, IV dab V, Daftar pustaka dan Lampiran.docx

Download (17MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasi belajar matematika pada siswa kelas V SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tiga (3) variabel yaitu gaya belajar dan motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 63 orang sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 54 orang yang diambil dengan menggunakan probability sampling, yaitu dengan random sampling. Untuk mengumpulkan data mengenai gaya belajar dan motivasi belajar, peneliti menggunakan instrumen angket. Uji Prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis koefisien determinasi, dan analisis koefisien bersama (uji F).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 3,346 ≥ 1,674. Korelasi sebesar 0,421. Untuk besar sumbangan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 17,7%.; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 3,820 ≥ 1,674. Korelasi sebesar 0,468. Untuk besar sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 21,9%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 10,967 > 2,407. Korelasi sebesar 0,548. Untuk besar sumbangan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 30,1%. Maka dari penelitian ini, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:12
Last Modified: 13 Jun 2023 07:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29876

Actions (login required)

View Item View Item