PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Yulfi Yuliana (2023) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (1MB)
[img] Text
3. SKRIPSI FIX (CEKLIS).docx

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan model Quantum Learning dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Quantum Learning dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yakni: 1) penerapan model Quantum Learning. 2) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V yang diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus. Subjek penelitian 34 siswa yang terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan: mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan hasil belajar IPS yang tidak tuntas pada siklus I menjadi tuntas pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosail di SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:52
Last Modified: 13 Jun 2023 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29867

Actions (login required)

View Item View Item