HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Nur Chaerunnisa Gaffar (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL 2018.doc

Download (5MB)
[img] Text
NUR CHAERUNNISA GAFFAR - 1447040034.docx

Download (163MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual dengan hasil belajar siswa. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah gambaran kecerdasan emosional (EQ) siswa pada mata pelajaran IPA? 2) Bagaimanakah gambaran kecerdasan Intelektual (IQ) siswa pada mata pelajaran IPA? 3) Apakah ada Hubungan antara kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan Intelektual (IQ) dengan hasil belajar IPA?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran IPA 2) Gambaran kecerdasan Intelektual (IQ) siswa pada mata pelajaran IPA 3) Hubungan antara kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan Intelektual (IQ) dengan hasil belajar IPA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jenis penelitian menggunakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V dan VI SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan adalah 212 siswa dengan teknik penarikan sampel yaitu sampling population. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan skala kecerdasan emosional dan skala kecerdasan intelektual. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisi inferensial menggunakan pengujian korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan emosional siswa berada pada kategori tinggi. Kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. 2) Kecerdasan intelektual siswa berada pada kategori tinggi. Kecerdasan intelektual memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. 3) Kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama atau simultan berhubungan dengan hasil belajar siswa secara positif dan signifikan. Jadi semakin tinggi kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual, maka semakin meningkat pula hasil belajar siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:32
Last Modified: 13 Jun 2023 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29860

Actions (login required)

View Item View Item