PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TOTAL PHYSICAL RESPONS TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Nur Lina (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TOTAL PHYSICAL RESPONS TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul dkk.docx

Download (865kB)
[img] Text
Isi.docx

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan menyimak cerita siswa yang diajarkan metode pembelajaran TPR dengan metode pembelajaran langsung siswa kelas V di SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah quasy experimental dengan bentuk Pretest Posttest Control Group Design . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 59 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas VA berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Data dikumpulkan dari hasil pretest, pemberian treatment dan pemberian posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian ini menemukan bahwa gambaran penerapan metode pembelajaran TPR terhadap keterampilan menyimak cerita siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran yang berlangsung berada dalam kualitas sangat baik, hasil menyimak cerita siswa pada kelompok eksperimen yang diajar dengan metode pembelajaran TPR mengalami peningkatan yang cukup signifikan sedangkan hasil menyimak cerita siswa pada kelompok kontrol yang diajar dengan metode pembelajaran langsung tidak mengalami peningkatan yang berarti. Hasil uji-t independent sample t-test nilai post-test kelompok eksperimen dan post-test kelompok kontrol melalui aplikasi SPSS 20.0 diperoleh bahwa nilai p-value Sig, (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikasi. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan penerapan metode pembelajaran TPR terhadap keterampilan menyimak cerita siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V di SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:18
Last Modified: 13 Jun 2023 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29855

Actions (login required)

View Item View Item