PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP UP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD INPRES BTN IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Qoniah (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP UP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD INPRES BTN IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (883kB)
[img] Text
SKRIPSI lengkap.docx

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana gambaran penggunaan media pembelajaran buku pop up pada mata pelajaran IPA kelas III. (2)Bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III. (3) Bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran buku pop up terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk gambaran penggunaan media pembelajaran buku pop up pada mata pelajaran IPA kelas III. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran buku pop up terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran buku pop-up sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Jumlah populasi yaitu 64 siswa. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas IIIA dan kelas IIIB dengan jumlah 60 siswa melalui hasil pretest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-normalitas dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan media buku pop-up dengan penerapan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis Independent Sample T-Test nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil Sig. (2-tailed) < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran buku pop up pada mata pelajaran IPA kelas III SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:14
Last Modified: 13 Jun 2023 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29854

Actions (login required)

View Item View Item