PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP, PRINSIP, DAN SKILL DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP

Witra, Witra (2016) PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP, PRINSIP, DAN SKILL DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (52kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan tes uraian materi pecahan, himpunan, dan perbandingan untuk mengukur kemampuan Pemahaman Konsep, Prinsip, dan Skill dalam Mata Pelajaran Matematika di siswa kelas VII SMPN. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 4 Sungguminasa Gowa tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 547 orang yang terdiri dari 253 orang laki-laki dan 294 orang perempuan yang telah memperoleh materi pecahan, himpunan dan perbandingan. Prosedur pengembangan instrumen yang digunakan mengadopsi model pengembangan Plomp yang terdiri dari fase investigasi awal (preliminary investigation) yakni mengkaji materi yang akan diberikan; fase desain (design) yaitu: menentukan spesifikasi dari instrumen yang akan kita buat, merancang dan membuat kisi-kisi instrumen, menentukan bentuk tes yang akan dikembangkan serta merancang lembar validasi; fase realisasi/konstruksi (realization/construction) yaitu melakukan konstruksi instrumen hingga siap divalidasi; fase tes, evaluasi, dan revisi (test, evaluation, and revision) terdiri dari dua kegiatan utama yaitu validasi instrumen dan uji coba terbatas instrumen yang telah divalidasi; dan fase implementasi (implementation) yaitu instrumen yang dikembangkan telah divalidasi oleh pakar serta diujicobakan sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Berdasarkan data hasil uji kepraktisan materi perbandingan dari responden 3 secara keseluruhan telah memberikan nilai 4 dan 3 yang berarti responden 3 setuju terhadap setiap item pernyataan yang telah dikembangkan oleh peneliti dan setuju dengan hasil pengembangan instrumen materi perbandingan. Dengan demikian, data hasil uji kepraktisan materi perbandingan dapat dinyatakan memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes materi pecahan, himpunan, dan perbandingan yang dikembangkan bersifat valid, reliable, dan praktis. Instrumen tes ini yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel ini secara rasional maupun empirik meliputi (1) kisi-kisi tes, (2) soal tes uraian materi pecahan, himpunan, dan perbandingan, (3) rubrik penskoran, dan (4) lembar validasi. Kata kunci: Model Plomp, Kemampuan pemahaman konsep, prinsip, dan skill, pecahan, himpunan, perbandingan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2017 03:04
Last Modified: 09 Oct 2017 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2985

Actions (login required)

View Item View Item