PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BERTINGKAT MELAYU I KOTA MAKASSAR

WAHYUNI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BERTINGKAT MELAYU I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. sampul utama skripsi wahyuni-1.docx

Download (18kB)
[img] Text
2. sampul kedua skripsi wahyuni-2.docx

Download (1MB)
[img] Text
3. file asli skripsi terbaru wahyuni-1-1.docx

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa di kelas IV SD Inpres Bertingkat Melayu I Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Melayu I Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar IPA. Setting penelitian ini bertempat di kelas IV SD Inpres Bertingkat Melayu I Kota Makassar dengan subyek penelitian 1 guru dan 37 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori baik (B). Hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) dan siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori baik (B). Sedangkan nilai hasil belajar IPA pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas (TT) dan siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori tuntas (T). Kesimpulannya bahwa dengan menerapkan pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Melayu I Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:48
Last Modified: 13 Jun 2023 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29847

Actions (login required)

View Item View Item