PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Feby Ramadhani (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL & LAMPIRAN DEPAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
2. ISI.docx

Download (94kB)
[img] Text
3. LAMPIRAN.docx

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe (GI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V?; (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (GI)?; (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif (GI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe (GI) pada mata pelajaran IPA siswa kelas V; (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa kelas sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (GI); (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe (GI) terhadap hasil belajar siswa kelas V. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Desain. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran kooperatif tipe (GI) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa 22 orang. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-normalitas dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (GI) dengan tanpa model pembelajaran kooperatif tipe (GI). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe (GI) terhadap hasil belajar kognitif IPA Kelas IV SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:39
Last Modified: 13 Jun 2023 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29843

Actions (login required)

View Item View Item