PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HIMA (HIDDEN MARBLES) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA TUNANETRA DI SLB A YAPTI MAKASS

Wahyudi. HN (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HIMA (HIDDEN MARBLES) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA TUNANETRA DI SLB A YAPTI MAKASS.

[img] Text
Pengembangan Hima (hidden marbles) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Tunanetra di SLB .pdf

Download (883kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kebutuhan media pembelajaran siswa, tahapan pengembangan media, prototipe, validitas, respons guru, dan respons siswa tunanetra terhadap HIMA di SLB A YAPTI Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi untuk menguji kelayakan media, respons guru dan siswa menggunakan angket. Hasil yang diperoleh yaitu (1) Media pembelajaran Hima valid dengan nilai konsistensi internal 1. (2) Respons guru SLB A YAPTI Makassar terhadap media pembelajaran Hima Setuju sebanyak 33,33% dan sangat setuju sebanyak 66,67%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa guru memberikan respons yang positif terhadap media Hima. (3) Respons siswa terhadap media pembelajaran Hima Setuju sebanyak 22,22% sedangkan respons siswa yang sangat setuju terhadap media Hima sebesar 77,78%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa juga memiliki respons yang positif dalam menggunakan media Hima dalam proses pembelajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa media Hima layak untuk digunakan pada Sekolah Luar Biasa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:01
Last Modified: 13 Jun 2023 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29832

Actions (login required)

View Item View Item