PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA MISTAR BILANGAN BULAT POSITIF PADA SISWA SPASTIK KELAS VII DI SLB NEGERI 1 GOWA

ACHMAD SAMI’NA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA MISTAR BILANGAN BULAT POSITIF PADA SISWA SPASTIK KELAS VII DI SLB NEGERI 1 GOWA.

[img] Text
JURNAL ACHMAD SAMI'NA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan penjumlahan bilangan bulat posistif pada siswa Spastik pada mata pelajaran Matematika di SLB Negeri I Gowa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penjumlahan bilangan bulat positif pada siswa Spastik. Adapun rumusan masalahnya yaitu “Bagaimanakah kemampuan penjumlahan menggunakan media mistar bilangan bulat positif pada siswa spastik kelas VII di SLB Negeri 1 Gowa?’. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa spastik kelas VII di SLB Negeri I Gowa yang berinisial FR. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) yaitu memfokuskan pada data individu sebagai subjek penelitian dengan desain penelitian menggunakan A-B-A. Adapun hasil penelitian ini memuat 3 kategori 1) Kemampuan penjumlahan bilangan bulat positif pada siswa spastik kurang pada kondisi baseline 1 (A1) 2) Kemampuan penjumlahan bilangan bulat positif pada siswa Spastik meningkat ke kategori cukup pada kondisi intervensi (B), 3) Kemampuan penjumlahan bilangan bulat positif pada siswa spastik meningkat ke kategori baik pada kondisi baseline 2 (A2), 4) Kemampuan penjumlahan bilangan bulat positif pada siswa spastik berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi baseline 1 (A1) kemampuan siswa spastik kurang meningkat ke kategori cukup pada kondisi intervensi (B), dan pada kondisi baseline 2 (A2) meningkat kategori baik. Dengan demikian kemampuan penjumlahan bilangan bulat positif pada siswa spastik meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi (B) penggunaan media mistar bilangan dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan pada siswa spastik kelas VII di SLB Negeri I Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:45
Last Modified: 13 Jun 2023 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29830

Actions (login required)

View Item View Item