POLA ASUH DAN PEMBINAAN MORAL ANAK (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN AL-MUBARAK KECAMATAN CAMBA KABUPATEN MAROS)

MUTIA KARTINA (2023) POLA ASUH DAN PEMBINAAN MORAL ANAK (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN AL-MUBARAK KECAMATAN CAMBA KABUPATEN MAROS).

[img] Text
Jurnal Mutia Kartina.pdf

Download (600kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh dan pembinaan moral anak di Panti Asuhan Al-Mubarak Kecamatan Camba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subyek penelitian ini adalah pengasuh dan anak asuh di Panti Asuhan Al�Mubarak Kecamatan Camba yang terdiri dari 3 orang pengasuh laki-laki dan 3 orang pengasuh perempuan serta 2 orang anak asuh yang berumur 14 dan 15 tahun. Pada proses pengumpulan data dilakukan dengan 3 metode yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber dan metode. Adapun hasil dari penelitian Pola Asuh dan Pembinaan Moral Anak (Studi Kasus di Panti Asuhan Al-Mubarak Kecamatan Camba Kabupaten Maros), yaitu (1) Pola asuh yang diterapkan di Panti Asuhan Al-Mubarak Kecamatan Camba cenderung menggunakan pola asuh Demokratis. (2) Pembinaan Moral di Panti Asuhan Al-Mubarak Kecamatan Camba dilakukan dengan cara memberikan nasehat, membiasakan anak asuh dengan kebiasaan baik serta memberikan teladan yang baik untuk anak asuh. (3) Perilaku moral anak asuh di Panti Asuhan Al-Mubarak Kecamatan Camba sudah disiplin, mandiri, sopan, serta mampu memposisikan diri dalam lingkungan masyarakat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:03
Last Modified: 13 Jun 2023 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29818

Actions (login required)

View Item View Item