PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PADA MATA KULIAH TEKNIK SABLON DI PRODI TP FIP UNM

ANDI KHAEDAR AR (2023) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PADA MATA KULIAH TEKNIK SABLON DI PRODI TP FIP UNM.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (961kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan modul digital pada mata kuliah teknik sablon di prodi tp fip unm yang bertujuan 1) Menganalisis kebutuhan modul digital teknik sablon, 2) Mendesain modul digital teknik sablon, 3) Mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan produk modul digital teknik sablon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) yang menghasilkan produk berupa modul digital. Adapun model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan M. Alessi dan Stanyley R. Trollip (planning, design, & development). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, adapun subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang mahasiswa, 1 orang dosen pengampuh mata kuliah teknik sablon dan 2 orang validator yang terdiri dari 1 validator ahli isi/materi dan 1 orang validator ahli desain/media. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli media dan ahli isi, angket tanggapan dosen pengampuh dan angket uji coba kelompok. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa identifikasi tingkat kebutuhan pada mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah teknik sablon berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan. Pada tahap desain, dilakukan pembuatan sampul dan layout serta terdapat teks yang memuat materi teknik sablon, gambar mengenai infografi materi teknik sablon dan empat video mengenai proses penyablonan. Adapun hasil validasi ahli isi/materi berada pada kualifkasi sangat baik dan validasi ahli desain berada pada kualifikasi baik, pada tahap uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi baik dan tanggapan dosen pengampuh mata kuliah berada pada kualifikasi sangat baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tingkat analisis kebutuhan produk modul digital teknik sablon berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan, desain modul teknik sablon terdiri atas teks, gambar dan video serta produk modul digital teknik sablon ini sudah valid dan praktis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:41
Last Modified: 13 Jun 2023 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29814

Actions (login required)

View Item View Item