Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bungoro

ASIAH, SITTI NUR (2016) Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bungoro. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
kkBAB I1.docx

Download (19kB)
[img] Text
kkBAB V1.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK . 2016. (dibimbing oleh Hamzah Upu dan Ilham Minggi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran matematika melalui penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bungoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-Eksperimental Design, yaitu One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian melibatkan satu kelas eksperimen, yakni X AK 2 yang terdiri dari 40 siswa yang terpilih dengan teknik Cluster Random Sample. Kelas tersebut diberi perlakuan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe TSTS. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instruments tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan angket penilaian sikap siswa. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Bungoro sebelum penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TSTS berada pada kategori sangat rendah, namun setelah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TSTS, hasil belajar matematika siswa berada pada kategori tinggi, serta mencapai kriteria ketuntasan klasikal, peningkatan hasil belajar matematika (nilai Gain) siswa kelas X SMK Negeri 1 Bungoro berada pada kategori tinggi 2) Aktivitas siswa kelas X SMK Negeri 1 Bungoro dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berada pada kategori efektif, 3) Sikap siswa kelas X SMK Negeri 1 Bungoro pada pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe TSTS berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan kriteria keefektifan, model pembelajaran Kooperatif tipe TSTS efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Bungoro.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:48
Last Modified: 09 Oct 2017 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item