PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Mandagi, Fadli A. M. and Paloboran, Marthen and Sudirman, Sudirman (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal MEDIA ELEKTRIK, 19 (1). pp. 45-54. ISSN 1907-1728

[img] Text
14.1_Media Elekttrik_Vol. 19_1_2021_Artikel_Editor Board.pdf

Download (7MB)
[img] Text
14.2_Media-Elektrik_PTE-UNM_Vol. 19_1_2021_Peer Review.pdf

Download (906kB)
[img] Text
14.3_Media Elektrik_Vol. 19_1_2021_Keterampilan Berfikir_Turnitin.pdf

Download (226kB)
Official URL: https://doi.org/10.26858/metrik.v19i1.27296

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik SMK Negeri 1 Banggai kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dalam pembelajaran perawatan mekanisme katup dan kelengkapannya melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Teknik pengambilan data dengan menggunakan metode pengamatan dan perangkat checklist serta uji kinerja. Data yang didapatkan dianalisis secara descriptive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diterapkannya model problem based learning pada kompetensi dasar perawatan mekanisme katup dan kelengkapannya, dapat meningkatkan tingkat berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik serta mencapai tujuan pembelajaran dengan rincian sebagai berikut: (a) meningkatnya keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan model dengan kategori sangat tinggi sebanyak 38 Peserta didik (71,69%), kategori tinggi sebanyak 12 Peserta didik (22,64%), kategori rendah sebanyak 3 Peserta didik (5,66%) dan kategori sangat rendah yaitu sebanyak 0 Peserta didik (0%); (b) penerapan pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik sebesar 33,97%; dan (c) Hasil belajar Peserta didik setelah penerapan model problem based learning, peserta didik yang mencapai Standar Ketuntasan Minimum sebanyak 53 Peserta didik (100%). Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Problem Based Learning.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:39
Last Modified: 12 Jun 2023 08:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29802

Actions (login required)

View Item View Item