Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Kelas X Materi Atmosfer SMA Islam Athirah Boarding School Bone.

Basri, Basri (2014) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Kelas X Materi Atmosfer SMA Islam Athirah Boarding School Bone. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Basri, 2014..docx

Download (15kB)

ABSTRAK Basri, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Kelas X Materi Atmosfer SMA Islam Athirah Boarding School Bone. Pembimbing (Dr. Maddatuang, M.Si. dan Dra. Nasiah Badwi, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk pengetahui penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Islam Athirah Boarding School Bone. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas X IPS Al Alim yang terdiri dari satu kelas dengan 20 siswa. Penelitan ini menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Pada setiap siklus berlangsung dua kali pertemuan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning di kelas X SMA Islam Athirah Boarding School Bone dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama hanya 11 siswa yang lulus dari 20 osiswa dengan rata-rata nilai siswa 7,45. Hal ini disebabkan siswa baru mendapatkan model pembelajaran Project Based Learning, penyampaian kepada siswa tentang langkah-langkah model pembelajaran belum dijelaskan secara rinci, dan pengawasan atau monitoring belum optimal dalam pelaksanaan model pembelajaran tersebut. Sedangkan pada siklus ke dua terjadi peningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat bahwa siswa yang lulus dalam siklus kedua ini adalah 18 orang dari 20 siswa. Hal ini dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan dari proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Geografi
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:50
Last Modified: 02 Nov 2016 08:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item View Item