Eksplorasi Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Berbasis Masalah bagi Siswa yang Berkemampuan Awal Tinggi Kelas X SMAN 2 Labakkang Boarding School

MARSUKI, ARNIDA (2016) Eksplorasi Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Berbasis Masalah bagi Siswa yang Berkemampuan Awal Tinggi Kelas X SMAN 2 Labakkang Boarding School. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
qqBAB I1.docx

Download (117kB)
[img] Text
qqBAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK . (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Alimuddin). Kemampuan siswa dalam mengkoneksikan ide-ide dalam matematika merupakan salah satu kemampuan yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Apabila siswa mampu mengaitkan ide-ide matematika maka pemahaman matematikanya akan semakin dalam dan bertahan lama karena mereka mampu melihat keterkaitan antartopik dalam matematika, dengan konsep disiplin ilmu lain, dan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bersifat kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran berbasis masalah bagi siswa yang berkemampuan awal tinggi kelas X Al Kindi di SMAN 2 Labakkang Boarding School. Dalam hal ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dipandu oleh instrumen penelitian pendukung berupa tes kemampuan awal, tes kemampuan koneksi matematika, pedoman wawancara, dan lembar observasi kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran berbasis masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan saat mengerjakan LKPD, menganalisis hasil kerja LKPD, pemberian tes kemampuan koneksi dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Al Kindi yang berjumlah 2 orang dengan kemampuan awal matematika kategori tinggi. Proses penelitian mengikuti tahap : (i) merumuskan indikator kemampuan koneksi matematika, (ii) merumuskan instrumen penelitian dan instrumen pembelajaran (RPP, Buku Peserta didik, dan LKPD) yang valid dan reliabel, (iii) melakukan pengambilan subjek penelitian berdasarkan kemampuan awal matematika, (iv) melakukan pengambilan data untuk mengungkap kemampuan koneksi matematika siswa, (v) melakukan triangulasi metode untuk mendapatkan data valid, (vi) melakukan analisis data, (vii) melakukan pembahasan analisis data, (viii) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan awal tinggi menunjukkan kecenderungan melakukan koneksi matematika berdasarkan fakta-fakta yang terdapat dalam soal. Subjek mampu mengaitkan konsep-konsep dalam matematika yaitu konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dengan konsep luas daerah segitiga, serta konsep penjumlahan bilangan real. Subjek mampu mengaitkan antara konsep matematika dengan konsep disiplin ilmu lain, yaitu konsep perbandingan trigonometri pada sudut berelasi dikaitkan dengan konsep vektor dan konsep tegangan arus bolak balik pada mata pelajaran fisika. Dalam mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari, subjek mampu mengaitkan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dengan konsep sudut elevasi untuk menghitung tinggi tugu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:42
Last Modified: 09 Oct 2017 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2979

Actions (login required)

View Item View Item