PENGARUH LATIHAN LEG PRESS EKSENTRIK, KONSENTRIK DAN KONVENSIONAL TERHADAP KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH

Syahruddin, - (2016) PENGARUH LATIHAN LEG PRESS EKSENTRIK, KONSENTRIK DAN KONVENSIONAL TERHADAP KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH. Jurnal Sains Keolahragaan & Kesehatan, 1 (2).

[img] Text
9762-Article Text-27829-1-10-20181210.pdf

Download (209kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan pengaruh latihan leg press eksentrik, latihan leg press konsentrik, dan latihan leg press konvensional terhadap kekuatan otot tungkai dan kemampuan lompat jauh. Jenis penelitian eksperimen lapangan dengan desain randomized group pretest-postest design. Subjek penelitian adalah siswa putra SMA Negeri 2 Makassar yang terpilih 60 orang secara random, kemudian subjek dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan hasil tes awal kekuatan otot tungkai. Penelitian ini dilakukan selama 8 minggu dengan frekuensi latihan 3 kali per minggu. Sebelum perlakuan terlebih dulu subjek penelitian diberi pretest, yang materi tesnya sama dengan materi posttest, yaitu tes kekuatan otot tungkai dan kemampuan lompat jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan leg press konvensional lebih besar meningkatkan kekuatan otot tungkai dan kemampuan lompat jauh daripada latihan leg press konsentrik dan latihan leg press eksentrik (p < 0.05). Kata Kunci: Leg Press, Kekuatan Otot Tungkai dan Lompat Jauh.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:57
Last Modified: 12 Jun 2023 07:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29777

Actions (login required)

View Item View Item