Meningkatkan hasil belajar dribbling pada permainan sepakbola melalui Metode Collaborative Apporach di masa Pandemi Covid-19

Harmaman, - and Syahruddin, - (2022) Meningkatkan hasil belajar dribbling pada permainan sepakbola melalui Metode Collaborative Apporach di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5 (1). ISSN 2621-4717

[img] Text
54395-75676661288-1-PB.pdf

Download (191kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar menggiring bola melalui model collaborative approach di masa pandemic covid-19 dalam permainan sepak bola murid kelas V SD Negeri 1 Bila Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan di siklus I dan siklus II dan dirancang melalui tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini adalah hasil belajar menggiring bola dalam permaianan sepakbola. Pengumpulan data hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kolaborasi dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola. Adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola sebesar 50% (Tuntas), dan meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 88% (Tuntas). Kesimpulan penelitian adalah model collaborative approach murid lebih aktif dalam pembelajaran daring sehingga umumnya murid memberikan respon posistif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:38
Last Modified: 12 Jun 2023 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29766

Actions (login required)

View Item View Item