Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Finger Painting Peserta Didik Down Sindrom Kelas VII di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa

TAIYEB, HUDAYAH (2016) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Finger Painting Peserta Didik Down Sindrom Kelas VII di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB V.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK . (dibimbing oleh Triyanto Pristiwaluyo dan Ahmad). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus peserta didik Down sindrom Kelas VII di SLB Jenetallasa dalam hal: melukis menggunakan semua jari tangan, melukis menggunakan jari secara bergantian, kordinasi antara tangan dan mata. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Desain (SSR) dengan rancangan A-B-A. Sumber data atau informan utama dalam penelitian ini adalah peserta didik Down sindrom kelas VII berinisial Tl. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi langsung. Data diolah dengan menghitung persentase kemampuan motorik halus yang terdiri dari 3 aspek, yaitu: melukis menggunakan semua jari; melukis menggunakan jari secara bergantian; kordinasi kecekatan atau kecepatan tangan dan mata. Data dianalisis dengan analisis deskripitif kuantitatif menggunakan visual grafik yang ditampilkan dalam bentuk grafik Split-Middle-Technique. Hasil intervensi yang diberikan menunjukkan bahwa Teknik Finger Painting diketahui dapat meningkatkan kemampuan motorik halus peserta didik Down sindrom Kelas VII di SLB Jenetallasa dalam hal: melukis menggunakan semua jari tangan, melukis menggunakan jari secara bergantian, kordinasi antara tangan dan mata. Peningkatan ini dapat terlihat melalui beberapa indikator antara lain: estimasi kecenderungan arah setiap tahap yang cenderung membaik, peningkatan mean level, dari baseline 1 (A1) ke baseline 2 (A2), persentase overlap data dari tahap ke tahap cenderung kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:06
Last Modified: 09 Oct 2017 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2971

Actions (login required)

View Item View Item