PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN APLIKASI MOODLE

Syahrudin, - and Hasriani, - (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN APLIKASI MOODLE. Manifestasi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (1). ISSN e-ISSN 2809-8366 p-ISSN 2809-8390

[img] Text
Jurnal PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN.pdf

Download (380kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berbasis e-Learning dengan aplikasi Moodle pada mata kuliah pengembangan keterampilan menulis. Penelitian ini, adalah Research and Development (R&D) diuji dengan menggunakan desain pengembangan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Makassar. Subjek uji coba adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengsi angket validasi ahli dan tes keterampilan menulis. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Media pembelajaran yang dikembangkan telah layak digunakan dalam mata kuliah pengembangan keterampilan menulis karena kriteria kelayakan telah terpenuhi, yaitu nilai rata-rata kelayakan hasil penialian ahli materi pembelajaran dan desain media pembelajaran berada pada kategori sangat layak dan ahli desain media pembelajaran berada pada sangat layak, dan (2) Media pembelajaran yang dikembangkan telah efektif digunakan dalam mata kuliah pengembangan keterampilan menulis karena karena kriteria keefektifan. Kata kunci: media pembelajaran, e-Learning, Moodle

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:39
Last Modified: 21 Jun 2023 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29684

Actions (login required)

View Item View Item