Keefektifan Penggunaan Media Karikatur dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Bontoramba Kabupaten Jeneponto

NURRAHMAYANI, NURRAHMAYANI (2016) Keefektifan Penggunaan Media Karikatur dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Bontoramba Kabupaten Jeneponto. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankeefektifan penggunaan media karikatur dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA NegeriIBontoramba Kabupaten Jeneponto.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu.Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri1Bontoramba Kabupaten Jeneponto tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 131 orang. Jumlah tersebut terbagi atas empat kelas. Penarikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposivesampling terpilih kelas X.1 sebanyak 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 berjumlah 32 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Bentuk tes uraian yang dimaksud dalam instrumen penelitian ini adalah tugas menulis paragraf argumentasi melalui penggunaan media karikatur pada kelas eksperimen dan media lingkungan pada kelas kontrol yang diberikan kepada siswa. Tes ini digunakan untuk mengumpulkan data berupa nilai keterampilan menulis paragraf argumentasi yang diperoleh siswa, baik nilai tes awal maupun nilai tes akhir. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensialuji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pembelajran menulis paragraf argumentasi yang menggunakan media karikatur dengan pembelajaran menulis paragraf argumentasi yang menggunakan media lingkungan dan kemampuan menulis paragraf argumentasi antara kelompok yang diberikan penggunaan media gambar karikatur efektif digunakan sebagai media pembelajaran menulis paragraf argumentasi di kelas XSMA Negeri 1 Bontoramba Jeneponto. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar karikatur efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu guru bahasa Indonesia, khususnya guru kelas X SMANegeriIBontoramba Kabupaten Jeneponto agar memperhatikan penggunaan media karikatur dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Dengan demikian, penilaian paragraf siswa itu tidak hanya berfokus pada hasil melainkan berfokus juga pada proses. Kata kunci: menulis, paragraf, argumentasi, dan mediakarikatur.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2017 01:26
Last Modified: 09 Oct 2017 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2968

Actions (login required)

View Item View Item