PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS DARING PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 SINJAI

Sakaria, - and Usman, - and Andi Fakhira Hasda, - (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS DARING PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 SINJAI. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 1 (1). pp. 22-31. ISSN p-ISSN 2809-4794, e-ISSN 2809-4492

[img] Text
10. September PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA.pdf

Download (255kB)

Abstract

ABSTRAK - Problematika pembelajaran bahasa Indonesia berbasis daring pada kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis daring pada kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai (2) mendeskripsikan problematika pembelajaran bahasa Indonesia berbasis daring pada kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pada pelaksanaan pembelajaran daring bahasa Indonesia kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai, guru bahasa Indonesia telah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP dan melaksanakan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi whatsapp dan google classroom. Selain itu, diakhir pembelajaran guru melakukan evaluasi pembelajaran berupa memberikan penugasan kepada siswa, tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring tersebut belum terlaksana secara maksimal karena terdapat beberapa problem atau masalah dalam pembelajaran yaitu, kurangnya motivasi belajar, perbedaan pemahaman siswa, keterbatasan kuota dan jaringan internet, kurangnya minat belajar, dan keterbatasan dalam mengontrol pembelajaran. Kata kunci: Problematika, Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:55
Last Modified: 09 Jun 2023 03:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29654

Actions (login required)

View Item View Item