EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN

Sakaria, - and Nurul Asmau, - and Asia, - and Husnah, - (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4 (2). ISSN p-ISSN: 2656-9914 e-ISSN: 2656-8772

[img] Text
6. Sinta 4. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar seri pada kegiatan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu quasi experiment design model pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 29 Makassar yang berjumlah 253 dan terbagi ke dalam 10 kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pemilihan sampel, ditetapkan siswa kelas IX1 sebagai kelas eksperimen dan IX2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 24 orang siswa pada masing-masing kelas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media gambar seri efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Hal tersebut, dapat dibuktikan dari hasil uji paired sampel test hasil belajar posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol, nilai thitung, yaitu 3,448 ≥ ttabel, , yaitu 3,448. Kata kunci: media gambar seri; menulis; teks cerpen

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:39
Last Modified: 19 Jun 2023 13:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29650

Actions (login required)

View Item View Item