IMPLEMENTASI PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMAN 7 JENEPONTO

SHOFIAH MAHDIYYATU DZAKIYYAH (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMAN 7 JENEPONTO.

[img] Text
JURNAL SHOFIAH M. DZAKIYYAH.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perencanaan, pelaksanaan dan tindaklanjut supervisi tenaga administrasi sekolah di SMAN 7 Jeneponto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi tenaga administrasi sekolah di SMAN 7 Jeneponto. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Supervisi Tenaga Administrasi Sekolah di SMAN 7 Jeneponto yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi sudah berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan supervisi, meski dalam tahap tindak lanjut, bentuk analisis supervisi, dan program perbaikan terdapat kekurangan. Pada tahap perencanaan, penyusunan program supervisi yang dilakukan SMAN 7 jeneponto menetapkan penggunaan teknik dan pendekatan yang akan digunakan dalam pelaksanaan supervisi nantinya. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan, dokumen yang menjadi bukti fisik dalam keadaan lengkap karena telah terlaksananya pemaparan hasil kinerja yang memerlukan dokumen sebagai pengamatan bukti fisik. Dan yang terakhir tahap tindak lanjut, kegiatan yang dilakukan meliputi analisis hasil supervisi dan pelaksanaan program perbaikan namun tidak berjalan dengan baik karena dalam analisis hasil supervisinya tidak menggunakan format penlilaian yang dibuat sedemikian rupa mencakup tugas dan tanggung jawab, perilaku, serta kehadiran dalam kurun waktu satu tahun. Kemudian dalam pelaksanaan program perbaikan, sekolah belum mengadakan workshop/pelatihan di sekolah sebagai bentuk solusi. Solusi yang diberikan hanya sampai pada saran dan mengikutkan TAS pada program pelatihan di luar sekolah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:14
Last Modified: 09 Jun 2023 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29647

Actions (login required)

View Item View Item