PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA KULIAH PENGELOLAAN SUMBER DAYA BELAJAR DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

ERNI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA KULIAH PENGELOLAAN SUMBER DAYA BELAJAR DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PENGEMBANGAN E-MODUL_ERNI_1841042001.pdf

Download (409kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran saat ini yaitu mahasiswa belum mempunyai referensi seperti e-modul maka dari itu peneliti mengembangkan e-modul pengelolaan sumber daya belajar dengan tujuan untuk: 1) menganalisis tingkat kebutuhan e-modul 2) mendesain e-modul 3) mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan e-modul. Adapun model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di program Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa, 1 dosen pengampu mata kuliah. Subjek penelitian ini yakni 2 orang validator yaitu validator isi dan media. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli media dan ahli isi/materi, tanggapan dosen pengampu mata kuliah, uji coba kelompok perorangan, uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kebutuhan mahasiswa berada pada kualifikasi 80% dibutuhkan, identifikasi kebutuhan dosen pengampu berada pada kualifikasi 100% sangat dibutuhkan. Desain yang digunakan dalam membuat e-modul yakni canva dan microsoft word. Hasil validasi ahli isi dan ahli media berada pada kualifikasi 93% dan 76%. Hasil uji coba kepraktisan pada mahasiswa dan dosen pengampu berada pada kualifikasi 94% dan 95%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul sudah valid dan prakti

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:04
Last Modified: 09 Jun 2023 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29645

Actions (login required)

View Item View Item