PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII DI MTsN 4 BULUKUMBA

ANDI FATIMAH HUSAYMA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII DI MTsN 4 BULUKUMBA.

[img] Text
jurnal - Andi Fatimah Husayma.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh adanya kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya pada materi menyimak (listening). Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu memberikan nilai efektifitas dalam media pembelajaran berbasis digital. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan tingkat kebutuhan siswa kelas VIII terhadap media audio pembelajaran, 2) membuat desain media audio pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Inggris, dan 3) mengukur tingkat validitas dan kepraktisan media audio pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau dikenal Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 orang validator, yaitu validator isi dan media, siswa kelas delapan 23 orang, dan 1 orang guru mata pelajaran bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket identifikasi kebutuhan, angket validasi isi dan media, angket respon siswa dan angket tanggapan guru mata pelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif terhadap data kualitatif dan teknik analisis statistik deskriptif terhadap data kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTsN 4 Bulukumba. Hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media berada pada kualifikasi “sangat valid”. Hasil penilaian oleh siswa berada pada kualifikasi “sangat layak”. Sedangkan penilaian oleh guru mata pelajaran bahasa Inggris berada pada kualifikasi “sangat layak”. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media audio pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Inggris valid dan praktis. Sehingga dengan adanya hasil penelitian ini pula, diharapkan dengan media yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas VIII serta dapat menjadi tambahan referensi untuk penelitian selanjutnya dalam mengembangkan media pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:59
Last Modified: 09 Jun 2023 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29642

Actions (login required)

View Item View Item